Selasa, 08 November 2016

Download Modul Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Materi Pedagogik

Bagi Anda yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan kompetensi guru (PLPG) setelah menempuh Ujian Kompetensi Guru (UKG) atau sedang belajar mandiri secara individu atau dengan teman sejawat berikut ini kami sediakan modul belajar Penunjang PLPG Tahun 2016 Materi Pedagogik.

Download Modul Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Materi Pedagogik

Saran Cara Penggunaan Sumber Belajar

Beberapa saran dalam cara penggunaan dan pemanfaatan sumber belajar ini adalah sebagai berikut;

1. Bacalah sumber belajar ini secara runtut, dimulai dari Pendahuluan, agar dapat lebih mudah dan lancar dalam mempelajari kompetensi dan materi dalam sumber belajar ini.

2. Materi di dalam sumber belajar ini lebih bersifat ringkas dan padat, sehingga dimungkinkan untuk menelusuri literatur lain yang dapat menunjang penguasaan kompetensi.

3. Setelah melakukan aktivitas membaca sumber belajar, barulah berusaha sekuat pikiran, untuk menyelesaikan latihan dan/atau tugas yang ada. Jangan tergoda untuk melihat kunci dan petunjuk jawaban. Kemandirian dalam mempelajari sumber belajar ini akan menentukan seberapa jauh penguasaan kompetensi.

4. Setelah memperoleh jawaban atau menyelesaikan tugas, bandingkan dengan kunci atau petunjuk jawaban.

5. Lakukan refleksi berdasarkan proses belajar yang telah dilakukan dan penyelesaian latihan/tugas.. Hasil refleksi yang dapat terjadi antara lain ditemukan beberapa bagian yang harus direviu dan dipelajari kembali, ada bagian yang perlu dipertajam atau dikoreksi, dan lain lain.

6. Setelah mendapatkan hasil refleksi, rencanakan dan lakukan tindak lanjut yang relevan.

Penyusunan sumber belajar ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran ringkas bagi guru tentang kompetensi pedagogik yang harus dikuasai Guru.

Dalam sumber belajar ini akan dibahas secara singkat 8 kegiatan pembelajaran dimana pada masing-masing kegiatan pembelajaran akan diberikan Tujuan, Indikator Pencapaian Kompetensi, Uraian Materi, Latihan, Umpan Balik dan Tindak Lanjut, serta Daftar Pustaka yang bisa dirujuk untuk mempelajari lebih jauh uraian materi yang telah diberikan.

Materi yang dibahas dalam sumber belajar ini tertuang dalam 8 kegiatan belajar sebagai berikut ini.

• Kegiatan Belajar 1 : Karakteristik Siswa
• Kegiatan Belajar 2 : Teori Belajar
• Kegiatan Belajar 3 : Kurikulum 2013
• Kegiatan Belajar 4 : Desain Pembelajaran
• Kegiatan Belajar 5 : Media Pembelajaran
• Kegiatan Belajar 6 : Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
• Kegiatan Belajar 7 : Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran
• Kegiatan Belajar 8 : Refleksi Pembelajaran dan PTK

Bagi Anda yang berminat memiliki Modul tersebut di atas silahkan unduh DI SINI. Jika diminta untuk memasukkan password isikan "www.kolomedu.com" terima kasih.
Load comments