Ditjen Pendis Terbitkan Juknis AKSIOMA 2017

Dalam rangka mempersiapkan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA) Tahun 2017, Direktorat Pendidikan Madrasah (Ditpenma), Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis), Kementerian Agama RI (Kemenag) secara resmi mengeluarkan Petunjuk Teknis (Juknis) AKSIOMA Tingkat Nasional.

"Dengan memahami petunjuk teknis ini diharapkan panitia penyelenggara, peserta dan pihak-pihak lain dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan AKSIOMA mencapai hasil secara optimal," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kamaruddin Amin sebagaimana keterangan tertulisnya yang diterima redaksi pendis.kemenag.go.id, Kamis (26/01/2017).

Ditjen Pendis Terbitkan Juknis AKSIOMA 2017

Maksud diselenggarakan AKSIOMA yang sudah dilaksanakan sejak Tahun 2009 adalah dalam rangka peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah dengan ditopang peserta didik sehat secara jasmani dan rohani dalam menerima pendidikan di madrasah.

Kegiatan AKSIOMA Tahun 2017 ini, lanjut Kamaruddin, akan dilaksanakan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). "Dengan diikuti oleh murid utusan terbaik (juara) dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah (MTs) dan Aliyah (MA) di masing-masing provinsi, AKSIOMA dilaksanakan di Kota Yogyakarta pada tanggal 07-12 Agustus 2017 nanti," kata Guru Besar UIN Alauddin-Makasaar ini.

Mengenai teknis pelaksanaan AKSIOMA, Kamaruddin menerangkan bahwa penyelenggara AKSIOMA 2017 ini adalah Kementerian Agama RI, sedangkan pelaksananya adalah Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi DIY dengan dibantu Kankemenag Kabupaten/Kota se-DIY. "Secara lebih teknis lagi, Kanwil Kemenag Propinsi se-Indonesia dapat membentuk panitia pelaksana di daerah masing-masing," ucap Dirjen Pendis.

Pada Tahun 2017 ini, kata Kamaruddin Amin, Ditjen Pendis membuka 2 (dua) cabang seni dan cabang olahraga. "Untuk seni, dibuka 8 (delapan) cabang kejuaraan yaitu; MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur`an), Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, Kaligrafi, Menyanyi, Tahfidz, dan Hadroh. Sedangkan untuk olahraga ada 3 pertandingan; Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Futsal," ujar pria kelahiran Bontang Kalimantan Timur ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Petunjuk Teknis AKSIOMA 2017, silahkan unduh DI SINI, terima kasih.

Sumber: pendis.kemenag.go.id

Comments