Senin, 07 November 2016

Buku Saku Panduan Gerakan Literasi di Sekolah

Praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).

GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.
Terobosan penting ini hendaknya melibatkan semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga satuan pendidikan. Pelibatan orang tua peserta didik dan masyarakat juga menjadi komponen penting dalam GLS.

Berikut ini Daftar Buku Panduan Gerakan Literasi yang dapat Anda unduh sebagai bahan referensi untuk membantu program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh Kemendikbud.








Silahkan klik judul di atas untuk mengunduhnya. File admin kompres dari aslinya, sehingga ukurannya lebih kecil saat diunduh. Tentu hal ini akan sedikit menghemat kuota internet Anda, terima kasih.
Load comments